id

6 Cara Mudah Menghindari Narkoba Bagi Remaja dari blog Gondo Wardiman

Selektif dalam Pergaulan

Pergaulan yang tidak benar bisa menyebabkan kita terperosok dalam narkoba sehingga kita harus berhati-hati dengan teman-teman kita sendiri. Kita pun harus berani mengatakan tidak pada narkoba serta meninggalkan kawan-kawan kita yang dapat merusak kita. Carilah teman yang baru jika teman yang lama hanya berupaya menjerumuskan kita ke lubang yang dalam.


Memperkuat Pertahanan Spiritual

Agar remaja tidak mudah terpengaruh narkoba oleh ajakan atau bujukan kawan dan mampu mengatasi rasa keingintahuannya, maka remaja harus meningkatkan spiritualitasnya. Spiritualitas adalah kondisi jiwa yang senantiasa diarahkan kepada Allah SWT. Untuk meningkatkan spiritual, seorang remaja harus mengamalkan ajaran-ajaran Islam secara kaffah (menyeluruh).


Jangan Mencoba

Kesalahan terbesar semua remaja pengguna narkoba adalah mereka pernah mencoba. Sekali anda mencoba, anda telah menjadi pengguna dan akan kecanduan. Anda tidak akan pernah menjadi pecandu narkoba jika anda tidak pernah mencoba. Oleh karena itu jangan pernah mencoba menggunakan narkoba.


Miliki Hobby dan Aktivitas Positif

Isilah masa remaja yang penuh antusiasme dengan menyalurkan hobby yang positif misalnya dengan olahraga, melukis, menulis, dan lain sebagainya. Hal ini selain meningkatkan keterampilan, juga membatasi lingkungan pergaulan pada orang-orang yang memiliki ide dan kreasi yang positif pula. Orang yang tidak memiliki kesibukan lebih mudah untuk diajak melakukan hal-hal yang negatif termasuk menggunakan narkoba.


Berpikir Jangka Panjang

Remaja harus memiliki pandangan yang luas dan berwawasan ke depan. Ia harus mampu memikirikan semua perbuatannya, apa dampak positif dan negatifnya, Jika suatu perbuatan akan mendatangkan dampak negatif, maka ia harus menjauhinya. Dalam hal narkoba jelas dampak negatifnya sangat banyak, karena itu tidak ada pilihan lain bagi remaja, kecuali menjauhinya.


Ingat Masa Depan

Menyalahgunakan narkoba dapat menghancurkan masa depan. Orang yang kecanduan narkoba tidak dapat berpikir sehingga tidak dapat berbuat apa-apa. Hal ini akan menghancurkan masa depan. Orang yang kecanduan narkoba cenderung memiliki perilaku kriminal karena ia tidak mungkin dapat belajar, bersekolah, atau bekerja.


Jika remaja mampu melakukan 6 (enam) hal di atas seorang remaja pasti akan mampu menjaga dirinya dari ancaman narkoba. Hanya remaja-remaja yang mampu mengendalikan dirinya dari narkoba yang akan dapat meraih masa depannya dengan gemilang. (olvista.com/choir)


Bagikan:
     Home blog

Kolom Dinding

Tdk ada komentar
Anda harus MASUK untuk memberikan komentar

Postingan Artikel

Penulis Gondo Wardiman
Dipublikasikan Jan 7

Tags

Beri Rating

Rating Anda:
Total: (0 rates)

Arsip Blog